Sabtu, 04 Agustus 2012

laporan praktikum fisika hukum melde


PERCOBAAN MELDE


  1. Tujuan Percobaan
Mengetahui hubungan antara cepat rambat gelombang (v) dengan gaya ketegangan tali (F).

  1. Landasan Teori
Gelombang adalah getaran yang merambat. Di dalamperambatannya tidak diikuti oleh berpindahnya partikel-partikelperantaranya. Pada hakekatnya, gelombang merupakan rambatan energi(energi getaran).Gelombang dibedakan menjadi dua jenis menurut mediumnya.Yaitu gelombang elektromagnetik yang merambat tanpa melalui mediumatau perantara. Contoh gelombang elektromagnetik adalah gelombangcahaya dan gelombang bunyi. Sedangkan gelombang yang merambatmelalui suatu medium atau perantara yaitu gelombang mekanik.Terdapat dua jenis gelombang mekanik, berdasarkan arah gerakanpartikel terhadap arah perambatan gelombang, yaitu :
·         Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arahperambatannya searah dengan arah getaran partikelnya. Contohgelombang longitudinal adalah gelombang pada pegas.
·         Gelombang transversal adalah gelombang yang arah perambatannya tegak lurus dengan arah getaran partikelnya.Contoh gelombang transversal adalah gelombang pada tali.
Gelombang stasioner biasa juga disebut gelombang tegak,gelombang berdiri atau gelombang diam, adalah gelombang yangterbentuk dari perpaduan atau interferensi dua buah gelombang yangmempunyai amplitudo dan frekuensi yang sama, tapi arah rambatnya
berlawanan. Amplitudo pada gelombang stasioner tidak konstan, besarnyaamplitudo pada setiap titik sepanjang gelombang tidak sama. Pada simpulamplitudo nol, dan pada perut gelombang amplitudo maksimum.Periode gelombang (T) adalah waktu yang diperlukan olehgelombang untuk menempuh satu panjang gelombang penuh. Panjang
gelombang (λ) adalah jarak yang ditempuh dalam waktu satu periode.
Frekuensi gelombang adalah banyaknya gelombang yang terjadi tiapsatuan waktu. Cepat rambat gelombang (v) adalah jarak yang ditempuhgelombang tiap satuan waktu. Secara umum, cepat rambat gelombangdapat dirumuskan sebagai berikut :
v   =  λ  f
Dimana :
v = cepat rambat gelombang (m/s)
λ = panjang gelombang (m)
 f = frekuensi (Hz)







Bila seutas tali dengan tegangan tertentu digetarkan secara terusmenerus maka akan terlihat suatu bentuk gelombang yang arah getarnyategak lurus dengan arah rambat gelombang. Gelombang ini dinamakangelombang transversal. Jika kedua ujungnya tertutup, gelombang pada taliitu akan terpantul-pantul dan dapat menghasilkan gelombang stasioneryang tampak berupa simpul dan perut gelombang.Dari gambar di atas diketahui bahwa amplitudo adalah jarak antaraperut gelombang dengan arah cepat rambatnya. Sedangkan panjanggelombang adalah jarak satu perut dan satu lembah yang terdiri dari tigasimpul.Melde merumuskan bahwa :

Dengan
                                            µ =  m
                                                               l
Dimana :
v = cepat rambat gelombang (m/s), F = gaya ketegangan tali (N), µ = rapat massa linier tali (massa tali/panjang tali) (kg/m).

  1. Alat dan Bahan Percobaan
1.      Vibrator
2.      Sumber tegangan
3.      Katrol. 
4.      Papan/meja
5.      Tali.
6.      Beban
7.      Timbangan/neraca
8.      MistarIV.
           selengkapnya silahkan download disini

0 komentar:

Poskan Komentar